Sunday, July 15, 2007

Gunung Kemukus: Pangeran Samodra Atau Syaikh Siti Jenar?

Saya pernah menonton sebuah acara di TV7, yang saat itu sedang menyoroti kehidupan malam di Gunung Kemukus: tentang orang yang mencari pesugihan dengan berziarah ke makam Pangeran Samodra dan melakukan ritual pelengkapnya yaitu: melakukan hubungan badan dengan pasangan selingkuh.

Ritual aneh tersebut tak lepas dari cerita yang beredar dari mulut ke mulut: tentang kisah cinta tragis Pangeran Samodra dan ibu tirinya, Dewi Ontrowulan. Kisah cinta yang ditentang oleh ayah Pangeran Samodra, yaitu raja dari trah dinasti Mataram: yang mengakibatkan Pangeran Samodra diusir dari kraton dan diasingkan ke Gunung Kemukus.

Kebenaran historisitas dari cerita semacam itu selalu dapat diragukan. Dalam acara yang ditayangkan di TV7 tersebut, diwawancari paling tidak dua orang ahli sejarah dari Solo, yaitu dari UNS dan Kraton Solo. Nama keduanya saya lupa. Tapi yang jelas keduanya meragukan Gunung Kemukus sebagai makam Pangeran Samodra. Bahkan ahli sejarah dari Kraton Solo, yang juga abdi dalem kraton, menegaskan bahwa dalam catatan silsilah kraton tidak terdapat seorang pangeran yang bernama Pangeran Samodra. Lebih mengejutkan lagi, ahli sejarah dari UNS, mengemukakan pendapatnya bahwa ada kemungkinan makam di Gunung Kemukus adalah makam Syaikh Siti Jenar, salah seorang wali songo yang paling misterius dan kontroversial. Kisah-kisah miring sekitar Gunung Kemukus sengaja direkayasa oleh orang-orang yang antipati terhadap Syaikh Siti Jenar, untuk mendiskreditkan namanya dan mencemarkan makamnya.

Riwayat hidup Syaikh Siti Jenar sendiri memang penuh diliputi misteri. Dalam babad-babad Jawa dia dikisahkan sebagai berasal dari cacing, bahkan setelah mati jasadnya berubah menjadi anjing. Dia dicap sebagai bid'ah dan penyesat. Namun tak jarang juga dia justru dipuji sebagai tokoh suci. Dalam Serat Centhini misalnya dikatakan bahwa dia itu kafir di hadapan manusia, tapi beriman di mata Tuhan:

"... kapir danas Siti Jenar, Islamipun indallah, kapir danas wong puniku, punika kapir sampurna."

Salah satu buku yang berusaha mengupas riwayat Syaikh Siti Jenar dengan pendekatan seobyektif mungkin adalah novel Syaikh Siti Jenar, yang ditulis Agus Sanyoto, diterbitkan LKiS, 2003. Kesimpulannya mengejutkan: bahwa dia adalah seorang pejuang muslim sejati yang berusaha menegakkan masyarakat ummah, yang menentang kediktaktoran raja-raja Jawa dan Sunda. Perjuangannya tersebut tentu saja mendapat tentangan dari banyak pihak yang merasa dirugikan. Karena itu banyak orang yang mengincar kematiannya. Dia pun dijadikan sasaran berbagai macam fitnah: dan beredarlah kisah-kisah seperti yang kita dengar selama ini: bahwa dia seorang bid'ah dan penyesat.

Kesimpulannya: sejarah selalu dapat dibelokkan oleh penguasa. Dan jika sejarah sudah dibelokkan, yang mulia bisa dihujat, dan yang bathil justru dipuji.

Terakhir kali, sekedar sebagai bahan obrolan: di dekat Gunung Kemukus terdapat sebuah desa yang bernama Desa Lemah Abang (Mahbang). Di dalam novel Agus Sanyoto tersebut dikisahkan bahwa dalam perjuangannya membangun masyarakat ummah, Syaikh Siti Jenar dengan giat membuka desa-desa baru yang selalu dia beri nama Desa Lemah Abang, sehingga dia disebut juga sebagai Syaikh Lemah Abang.

Mungkinkah Gunung Kemukus memang makam Syaikh Siti Jenar?

Wallahualam.

7 Comments:

Blogger Bazoekie said...

Wah, info baru.
telah terbit novel berlatar mitos gunung kemukus. Pengarang F.Rahardi penerbit LAMALERA.

3:18 AM  
Blogger eko4ries69.blogspot said...

This comment has been removed by the author.

7:21 AM  
Blogger eko4ries69.blogspot said...

makam Syaikh Siti Jenar bukan di situ....??? dan kamu jangan bikin rusuh...

7:23 AM  
Blogger Unknown said...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

5:34 PM  
Blogger Unknown said...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

5:35 PM  
Blogger NUR AMALIYAH said...

Program DANA GHOIB MA'ALUN' Dengan Maksud Membantu Bpk/Ibu Yang Mengalami Kesulitan Ekonomi,Ataupun Yang Membutuhkan Dana Cepat. Seperti Membayar Hutang,Butuh Modal Usaha,Atau Ingin Merubah Nasib.


Cara Cepat Dapatkan Uang 100JT s/d 20M PROSES 1 JAM CAIR Hari INI juga Anda Butuh Uang Mendesak ?Minimal 100JT-5M.Proses Cepat 1 Jam Cair Langsung Sekarang Juga Uang Bisa Di Pakai Untuk Bayar Hutang Perusahaan,Hutang Bank,Hutang Kartu Kredit,Hutang Rentenir,Perorangan Yang Telah Jatuh Tempo & Harus Di Bayar Hari Ini Juga & Sisanya Bisa Di Pakai Untuk Modal Usaha. Segera Hubungi Bpk H.Ilham Dermawan Telp:085215516701.Pasti Anda Akan Dibantu Dengan Bantuan Uang hibah Dengan Cara Ritual Uang Gaib 1 Jam Cair.Dijamin 100% Berhasil. Uang Bisa Langsung Di Pakai Hari Ini Juga.Bila Anda Yang Berada Di Luar Kota Tidak Bisa Datang,Jangan Putus Asa Anda Cukup Telp.Bpk H.Ilham Dermawan & Uang Bisa Langsung Di Kirim Ke rekning Bank Anda. 1 Jam Uang Langsung Bisa Di Ambil Di Bank.

9:49 AM  
Blogger aditya.aulia139@gmail.com said...

Assalamualaikum

WhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
{{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

4:59 AM  

Post a Comment

<< Home